Newsletter
Orang-orang yang bergelut di dunia komunikasi khususnya Public Relations
pasti sudah tidak asing dengan seluk beluk newsletter. Newsletter
merupakan salah satu media internal yang saat ini banyak
dimiliki/diproduksi perusahaan/organisasi/lembaga ataupun komunitas
lain. Newsletter is report or open letter giving informal or confidential news of interest to a special group or A circular letter, written or printed for the purpose of disseminating news. Newsletter
adalah laporan atau surat terbuka yang memberikan berita informal atau
mungkin rahasia yang menarik bagi kelompok khusus, newsletter juga bisa
disebut surat edaran, ditulis atau dicetak untuk
tujuan menyebarkan berita.
Dalam wikipedia pengertian newsleter adalah merupakan alat komunikasi yang digunakan seorang humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan urusanbisnisnya.[1] Pengiriman nawala secara teratur memungkinkan pihak yang terkait untuk mengetahui perkembangan informasi dan keadaan dalam perusahaan.[2]
Fungsi newsletter adalah sebagai media untuk:
1. Memotifasi karyawan/anggota perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya untuk meningkatkan kinerjanya
2. Menumbuhkan self of belonging (rasa memiliki) terhadap perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas
3. Menjamin arus komunikasi efektif
4. Menampung dan menyampaikan aspirasi anggota
5. Menyampaikan instruksi/informasi dari atasan
6. Menyampaikan pengumuman penting
Ciri-ciri newsletter:
1. Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya)
2. Mengedepankan human interest
3. Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya
4. Informasi yang disajikan bersifat ringan (mudah dibaca, mudah dimengerti)
5. Profil pegawai
6. Berupa lembaran, 1 lembar atau 2 lembar
7. Desainnya menarik
8. Banyak foto kegiatan perusahaan/organisasai/ lembaga/ komunitas lainnya
9. Desainnya menarik dan penuh warna
10. Penerbitannya berkala
Rubrikasi (rubrik yang seallu ada dalam setiap edisi)
1. Headline, berupa kegiatan besar yang berlangsung di perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya
2. Profil anggota
3. Tips
4. Foto kegiatan
5. Humor
6. Informasi dari bagian SDM atau Humas
7. Prestasi perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya
Susunan tim redaksi sederhana:
- Pelindung
- Pengarah
- Penanggungjawab
- Pemimpin redaksi
- Wakil pemimpin
- Redaksi
- Redaktur Pelaksana
- Editor
- Layout/Desain
- Reporter
- Koresponden
- Dokumentasi/foto
- Sirkulasi/distribusi
Tulisan ini bukanlah pemaparan mengenai
newsletter yang ideal, melainkan hanyalah penjabaran dari newsletter
yang selama ini saya buat, tentu saja masih ada kekurangan dan kesalahan
disana-sini. Jadi, mohon pembaca memberi masukan beberapa hal tentang
newsletter yang ideal ya….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar